Rabu, 06 Januari 2010

Kurikulum dan Ekstrakulikuler

kurikulum

Kurikulum yang dimiliki adalah :

a. Kurikulum 2004, standard isi
b. Kurikulum Pendidikan Dasar 1994
c. Kurikulum KTSP


Kurikulum lain selain Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau mata pelajaran muatan lokal adalah :

a. Kurikulum Bahasa Bali
b. Kurikulum Bahasa Inggris
c. Kurikulum Bahasa Arab
d. Kemuhammadiyahan


Alat peraga yang dimiliki sekolah antara lain :

a. Mikroskop
b. Alat peraga IPA
c. Alat peraga Matematika
d. Alat peraga IPS
e. Alat peraga Agama


Kegiatan Ekstrakurkuler dan pengembangan yang dimiliki dan dilakukan antara lain :

a. Drum Band
b. Hizbul Wathan
c. Bulutangkis
d. Basket
e. Renang


Kegiatan sekolah dibidang seni yang dilakukan adalah :

a. Paduan suara
b. Drum band
c. Seni lukis
d. Seni baca Al-Qur’an


Kegiatan keagamaan yang dilakukan adalah :

a. Sholat Duhur
b. Sholat Asar
c. Sholat Duha
d. Sholat Jum’at
e. Pesantrean Ramadhan
f. Hari Besar Islam lainnya

Sekolah SD Muhammadiyah I Denpasar membuat program layanan bimbingan dan konseling sesuai kebutuhan siswa :

1. Bimbingan khusus 3 M bagi kelas I
(Membaca, Menulis, Menghitung)
2. Bimbingan khusus siswa unggulan
rangkin 10 besar
3. Bimbingan khusus siswa yang nilainya
rendah (10 rangking terendah)
4. Bimbingan khusus olimpiade matematika
5. Bimbingan konseling bagi siswa bermasalah
6. Pelayanan Tes – IQ
7. Bimbingan Qiro’at
8. Bimbingan khusus pidato/khotbah

Identitas SD Muhammadiyah 1 Denpasar

identitas sekolah Image

Langkah dalam Pencapaian Kualitas

Langkah dalam pencapaian kualitas

Pencapaian kualitas tidak akan tercapai tanpa adanya langkah-langkah yang tersusun dan terstruktur pelaksanaannya.

Langkah nyata yang telah dan akan terus dilaksanakan untuk mencapai kualitas di SD Muhammadiyah 1 Denpasar adalah :

10 Langkah untuk mencapai Kualitas Ke Islaman, terutama Tertib Ibadah dan Fasih Membaca Al-Qur’an yaitu :
  1. Menyusun buku tuntunan shalat dan wudhu sesuai dengan Keputusan Tarjih.
  2. Membagi 5 jam pelajaran Al-Islam ( 2 teori dan 3 untuk praktek )
  3. Pembelajaran dimulai dengan do’a belajar, hafalan surat-surat pendek, dan do’a sehari-hari
  4. Siswa kelas 3 dan 4 wajib shalat Duhur, Asar, dan Jum’at di sekolah, Siswa kelas 5 dan 6 wajib shalat Duhur di sekolah
  5. Mendatangkan Tutor Ismuba dan mengirim Guru Ismuba Studi Banding
  6. Rapat Koordinasi diawali dengan Kultum dan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an secara bersama-sama
  7. Menyusun buku saku mengaji untuk Guru dan Murid
  8. Menyelenggarakan Exstrakurikuler mengaji dan bekerjasama dengan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Denpasar dan Badung
  9. Membuat CD praktek shalat dan Wudhu untuk alat peraga
  10. Membuat aturan pemakaian seragam yang Islami
5 Langkah mencapai Kualitas Ke Indonesiaan :
  1. Mengadakan Upacara Bendera
  2. Mengadakan Exstrakurikuler Paskibra
  3. Baris sebelum masuk sekolah
  4. Mengadakan Exstrakurikuler HW / Pramuka
  5. Pengawasan pelaksanaan peraturan sekolah
6 Langkah Mencapai Kualitas Akademik :
  1. Mengadakan Studi Banding
  2. Mengadakan Penataran dan Pelatihan
  3. PBM yang Efektif dan Efisien
  4. Mengadakan Bimbingan Belajar
  5. Mengadakan Bimbingan Khusus
  6. Mengikuti Lomba
4 Langkah mencapai Kualitas Bahasa :
  1. Menambah jam pelajaran Bahasa Inggris dan Arab dari 1 menjadi 2 jam pelajaran ( 1 jam untuk teori, 1 jam untuk praktek )
  2. Kursus Bahasa Inggris dan Arab di sekolah
  3. Mengikutsertakan Guru Bahasa Inggris dan Arab dalam Pelatihan dan Penataran.
  4. Mengikuti lomba

Langkah Pencapaian Visi dan Misi

Langkah dalam pencapaian Visi dan Misi
Visi dan Misi SD Muhammadiyah 1 Denpasar tersebut di atas tidak akan tercapai dengan baik tanpa adanya kerjasama antar warga sekolah dengan masyarakat yang di dalamnya adalah orang tua siswa.

Langkah nyata yang telah dan akan terus dilaksanakan untuk mencapai Visi dan Misi SD Muhammadiyah 1 Denpasar adalah :

  1. Memberikan penjelasan secara terprogram dan menyeluruh kepada warga sekolah tentang pentingnya kerjasama dengan pembagian tugas yang jelas

  2. Meningkatkan kualitas Guru dan Pegawai sebagai sumber awal pembentukan kemampuan siswa, seperti memberikan kesempatan untuk mengikuti Kuliah, Penataran, Seminar, Pelatihan, Studi Banding, dan Kursus baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah

  3. Menyediakan Sarana dan Prasarana untuk menunjang pendidikan yang memadai, baik untuk Guru maupun untuk siswa seperti :
    a. Kelas yang teratur rapi
    b. Lampu penerangan kelas
    c. Kipas angin di tiap-tiap kelas
    d. Laboratorium Komputer
    e. Alat peraga
    f. Perpustakaan
    g. Media pengembangan Aktifitas dan Kreatifitas siswa
    h. Lab Bahasa Asing

  4. Menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan

  5. Memberikan peluang dan kesempatan kepada semua siswa untuk beraktifitas dan berkreatifitas sesuai dengan minat dan bakat siswa, dengan memperhatikan situasi dan kondisi sekolah

  6. Melaksanakan pembelajaran secara utuh dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah dicanangkan oleh Depdiknas maupun Dikdasmen Muhammadiyah

  7. Melaksanakan Shalat Duhur, Asar, dan Shalat Jum’at berjama’ah di Musholla sekolah dan hafalan surat-surat pendek setelah berdo’a pada jam pertama.

  8. Melaksanakan kerjasama yang harmonis dengan Komite sekolah / Ikwam dan Yayasan / Badan Usaha lainnya demi mencapai tujuan pendidikan tersebut di atas.

    Visi dan Misi telah ditetapkan untuk diupayakan dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, kini saatnya untuk berkarya dan berbuat yang terbaik demi tercapainya Visi dan Misi tersebut. Manusia berusaha, Allah yang menentukan, mari berbuat demi kemajuan kita bersama.

Visi dan Misi

Visi dan Misi
Sebagai sekolah yang didirikan oleh Perguruan / Persyarikatan Muhammadiyah sudah barang tentu SD Muhammadiyah merupakan tempat untuk menciptakan Calon Kader Muhammadiyah di masa yang akan datang dengan karakteristik sebagai berikut :
A. VISI
Terbentuknya Generasi yang Beriman dan Berprestasi
B. MISI
Melaksanakan Proses Belajar Mengajar, Pembinaan, dan Bimbingan secara Efektif dan Efisien
  1. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran Islam kepada warga sekolah
  2. Menumbuhkan pola pikir dan semangat keunggulan secara intensif kepada warga sekolah
  3. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat, terutama orang tua siswa sebagai salah satu pihak utama yang berkepentingan dengan pendidikan
  4. Melaksanakan Bimbingan Belajar dan Bimbingan Khusus
  5. Melaksanakan exstrakurikuler

    Semua itu akan terlihat dalam Indikator sebagai berikut :
  1. Unggul dalam nilai UAS
  2. Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
  3. Unggul dalam lomba Akademik
  4. Unggul dalam lomba Kreatifitas
  5. Unggul dalam lomba Olahraga
  6. Unggul dalam lomba Kesenian
  7. Unggul dalam Aktifitas Keagamaan
  8. Unggul dalam Kepedulian Sosial
Indikator-indikator tersebut di atas dalam rangka mencapai Tujuan Pendidikan Muhammadiyah yang tertuang dalam 5 Kualitas Out Put yaitu :
  1. Kualitas Ke Indonesiaan
  2. Kualitas Akademik minimal 6,5
  3. Kualitas Bahasa Asing terutama bahasa Inggris dan Arab
  4. Kualitas ketrampilan Komputer
  5. Kualitas Ke Islaman

Sejarah SD Muhammadiyah 1 Denpasar

Sejarah Sekolah
SD Muhammadiyah 1 Denpasar didirikan pada tanggal 1 Agustus 1960 dengan Akta pendirian Beslit dari PP Muhammadiyah tanggal 22 Agustus 1977 No. 407/1.001/131-60/1977 dan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Bali No. 30/119/Kep/I.87 tanggal 11 Maret 1987 dengan Nomor Data Sekolah : V.050.810.18 dan Nomor Statistik Sekolah : 104.220.402.049 beralamatkan di Jl. Imam Bonjol 45 yang sekarang menjadi Jl. Imam Bonjol 51 Denpasar Satu komplek dengan TK Aisyiyah 1 Denpasar.
Pada awal berdirinya SD Muhammadiyah 1 Denpasar, gedung yang dipergunakan sangatlah sederhana yang hanya mampu menampung setiap jenjang kelasnya satu ruang kelas saja, di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah yang pertama yaitu Bapak Fakih Hasan jumlah murid dari tahun ke tahun terus bertambah , maka lambat laun gedung SD Muhammadiyah 1 pun mau tidak mau harus bertambah pula sehingga mampu menampung setiap jenjang kelas menjadi dua ruang kelas dan mampu mendirikan SMP Muhammadiyah Denpasar yang berlokasi sama dengan SD Muhammadiyah 1 Denpasar

Pada perkembangannya di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah yang kedua yaitu Bapak Tarmizi jumlah murid dari tahun ke tahun juga terus bertambah dan ruang kelas pun bertambah pula, begitu juga pada masa kepemimpinan Kepala Sekolah yang ketiga yaitu Bapak A. Sagino dan Kepala Sekolah yang ke empat yaitu Bapak Gunawan.

Pada masa Kepemimpinan Kepala Sekolah yang ke lima yaitu Bapak Sya’ban Tabrani yaitu pada tahun 1991 Gedung SD Muhammadiyah mengalami berubahan sesuai dengan jumlah murid yang semakin banyak, dari gedung yang berlantai 1 menjadi berlantai 3 seperti sekarang ini. Namun demikian sarana dan prasarana yang ada masih belum memadai, sehingga pada masa Kepemimpinan Kepala Sekolah yang ke enam yaitu Bapak Rokhani SM, sudah dimulai untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada.

Pada tahun 2002 di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah yang ke tujuh yaitu Bapak Supardiyono S.Pd dilanjutkan dengan pemasangan Keramik di setiap lantai seperti sekarang ini, disamping itu juga SD Muhammadiyah 1 yang sebelumnya belum mempunyai ruang pertemuan, sejak saat itu pula telah dibuatkan ruang pertemuan, sehingga apabila ada pertemuan dengan wali murid tinggal buka sekat tidak perlu mengeluarkan meja dan bangku lagi.

Pada tahun 2003 SD Muhammadiyah 1 telah mengadakan Exstrakurikuler Komputer yang bekerja sama dengan CV. Perdana Mandiri, yang diikuti siswa kelas 3 sampai dengan kelas 6.

Dan pada masa kepemimpinan Bapak Supardiyono yang kedua yaitu mulai Tahun Pelajaran 2006 – 2007 maka Komputer dimasukkan dalam mata pelajaran wajib siswa bagi kelas 3 sampai dengan kelas 6.

Dari Tahun berdirinya SD Muhammadiyah 1 Denpasar sudah barang tentu sudah banyak prestasi yang di raih baik Akademik maupun Non Akademik baik di tingkat kecamatan, Kabupten / Kota maupun di tingkat propinsi, begitu pula tentang Akreditasi.

SD Muhammadiyah 1 Denpasar sesuai dengan statusnya yaitu SD Swasta, maka sudah tidak asing lagi dengan Akreditasi dari mulai Piagam Akreditasi diakui pada tahun 1993 oleh Kepala kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Bali dengan nomor : 144/I 19/Kep/I.93 sampai dengan disamakan pada tahun 1999 oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Bali Nomor : 116/I 19.G/MN/Kep/99.

Ada hal yang sangat menarik untuk dicermati, Pada masa Kepemimpinan Bapak Supardiyono S.Pd yaitu tahun 2002 , Kepala Sekolah harus melalui Fit And Proper Test yang diselenggarakan oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Kota Denpasar dengan jumlah calon sebanyak 9 orang untuk ditetapkan 3 orang menjadi Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah 1, 2, dan 3 Denpasar, yang dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Denpasar, Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Kota Denpasar, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Denpasar Barat, Perwakilan dan Guru dan Karyawan, dan Pengurus Komite Sekolah / Ikatan Wali Murid ( IKWAM ), dengan sistim itu diharapkan siapapun yang terpilih akan mampu mengemban Amanah sebagai Kepala Sekolah yang mempunyai VISI dan MISI yang jelas.

Senin, 04 Januari 2010

Selamat Datang di Integral School-SD Muhammadiyah 1 Denpasar


Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, wa sholatu wa salamu 'ala Rosulillahi shollallohu 'alaihi wa salam. Segala puji hanya bagi Allah subhanhu wa ta'ala, karena atas kehendakNya jualah blog SD Muhammadiyah 1 Denpasar ini terwujud juga. Blog ini dibuat sebagai sarana memperkenalkan SDM 1 Denpasar ini kepada khalayak.
SD Muahammadiyah 1 Denpasar sebenarnya sudah memiliki web site, silakan kunjungi http://www.sdm1-dps.sch.id.
Salam kenal, dan selamat berselancar.